Select Page

Saya seringkali bekerja dengan banyak konsole terminal dan seringkali harus mengambil berbagai bukti atau catatan atas apa yang saya lakukan ataupun data-data keluaran. Untuk itu di linux sudah tersedia sebuah aplikasi untuk melakukan screenshot.

Tapi menggunakan aplikasi standar artinya saya harus menyimpan 1 per 1 hasil screenshot dalam bentuk file, atau pun bisa juga langsung saya paste kan ke dalam file document yang terdang cukup sulit mengorganisasikannya ketika kita masih dalam proses pengerjaan. Belum lagi bila pekerjaan tersebut mebutuhkan cukup banyak catatan. Mencarinya kembali terkadang membutuhkan waktu sendiri.

Untuk itu saya biasanya menggunakan sebuah aplikasi khusus untuk mengorganisasikan file-file catatan berikut screenshot yang saya perlukan langsung dari dalam aplikasi dokumentasi tersebut. Nama aplikasi tersebut adalah KeepNote.

KeepNote adalah sebuah aplikasi dokumentasi yang sederhana dan simple dengan fitur yang cukup lengkap untuk sebuah “text editor” dengan fitur yang sangat sering saya gunakan adalah build-in screenshot dan organisasi judul2x catatan.