Select Page

Kemarin ini saya ada kebutuhan untuk melakukan installasi mesin dengan distro Centos dalam jumlah yang sangat banyak sekali. Setiap kali installasi paket harus diambil dari internet. Bagaimana biar gak selalu harus download aneka paket dari internet yang jumlahnya bisa sangat banyak dan harus dilakukan berulang kali?

Tentu saja dengan cara ini total proses installasi yang saya perlukan jadi lebih cepat karena seluruh paket yang dibutuhkan sudah tercache di salah satu server di jaringan lokal. Ibarat kata kita jadi seperti memiliki local repository untuk setiap distro. Yang bakal ngalami waktu installasi paling lama karena harus download dulu adalah mesin pertama. Tapi mesin lainnya akan mengambil dari cache. Kita juga bisa mengeset berapa lama paket-paket tersebut akan di simpan.

Akhirnya pilihan jatuh pada apt-cacher-ng yang sering saya gunakan untuk kebutuhan yang sama untuk caching package ketika melakukan installasi ubuntu atau debian.

Tapi ternyata untuk rpm membutuhkan setting tersendiri. Setelah berkutat sana sini akhirnya di dapatlah formula seperti dibawah.

Mirror Lists

VfilePatternEx: ^/\?release=[0-9]+&arch=

GPG-KEY

VfilePatternEx: ^(/\?release=[0-9]+&arch=.|./RPM-GPG-KEY-examplevendor)$

Merge Mirror

Remap-centos: file:centos_mirrors /centos

Download file daftar mirrornya

curl https://www.centos.org/download/full-mirrorlist.csv | sed ‘s/^.“http:/http:/’ | sed ‘s/”.$//’ | grep ^http >/etc/apt-cacher-ng/centos_mirrors

SSL Passthrough

PassThroughPattern: (mirrors.fedoraproject.org|some.other.repo|yet.another.repo):443

Jangan di cache akses ke mirrorlistnya. tapi bagian ini masih tanda tanya. kadang sukses tanpa ini.

DontCache: mirrorlist.centos.org

Config lengkapnya dapat di lihat dan di download langsung.