Select Page

Malioboro Pencak FestivalSelama 2 hari ini saya mengikuti malioboro pencak festival di Yogyakarta. Sebuah acara yang di kemas untuk memperkenalkan kembali pencak silat dan menunjukan keragaman pencak silat pada masyarakat serta menarik minat generasi muda untuk mau mempelajari silat.

Acara dilaksanakan selama 2 hari terdiri dari workshop dan panggung pertunjukan dan  di hari ke-2 dilaksanakan kirab di sepanjang jalan Malioboro Yogyakarta. Di sepanjang jalan tersebut para pesilat manampilkan berbagai atraksi yang dapat disaksikan langsung oleh para pengunjung di sepanjang jalan tersebut dengan puncak atraksi dilakukan tepat di km 0.

Bila anda menyaksikannya anda akan melihat keanekaragaman silat yang ada disana. Dari yang halus bagaikan sebuah tarian hingga yang menggunakan teknik bantingan yang agresif pun ada. Sebagian kecil saja dari dari keragaman silat di tampilkan disana, karena jumlah aliran silat yang ada jumlahnya sangat banyak sekali.

Diluar kegiatan resmi, para pesilat melakukan silahturahmi diantara mereka sendiri. Saling bertemu kangen, saling berkenalan dan tak lupa saling berbagi keilmuan mereka.

Sebuah acara yang pasti tak akan terlupakan. Mudah-mudahan tahun depan dapat dilaksanakan lagi.

Terimakasih buat panitia yang sudah berjuang mati-matian untuk mewujudkan acara ini walau tak ada imbalan untuk mereka.