Select Page

Belum lama ini saya menghabiskan buku “The Black Magician Trilogy” yang terdiri dari

  1. Magicians’ Guild (Persekutuan Penyihir)
  2. The Novice (Rahasia Sihir Hitam Mematikan)
  3. High Lord (Sang Ketua Penyihir)

Untuk versi bahasa indonesia, buku ini diterbitkan oleh Mizan Fantasi.

Menurut saya cerita dalam buku ini cukup menarik. Berkisah tentang seorang gadis kecil yang tak disadarinya ternyata memiliki potensi kekuatan sihir yang besar. Sejumlah petualangan, menarik gadis kecil ini lebih jauh kedalam dunia sihir sehingga sihir yang sebelumnya dibencinya menjadi bagian tak terpisah dari hidupnya.

Terjemahan buku ini menggunakan bahasa yang cukup enak. Walaupun sejumlah ilustrasi yang disisipkan dalam gambar rasanya tidak perlu dilakukan karena rasanya merusak imaginasi bacaan dengan menyisipkan gambar. Bagi saya seakan mengeluarkan saya sejenak dari dunia buku yang sedang saya dalami.

Hanya saja ada hal yang menjadikan buku ini tidak enak dibaca, yaitu editorial pada buku ke-3 yang sangat berantakan. Editorial terburuk dari ratusan buku yang pernah saya baca. Buku pertama nyaris tanpa salah ketik, buku kedua cukup banyak salah ketik, tapi buku ketiga luar biasa.

Sejumlah kesalahan yang saya temukan adalah salah sebut nama, salah ketik, kata-kata yang ditulis berulang-ulang,  ada bagian cerita yang berganti kisah, tanpa tanda perubahan.

Mungkin akan lebih nyaman bila anda membaca buku ke-3 versi bahasa inggrisnya saja atau menunggu buku revisi yang telah diperbaiki.