Select Page

Laptop yang saya gunakan menggunakan dual boot linux dan Windows 10. Nah kemarin saya melakukan upgrade pada sistem linux saya, dan setelah reboot ternyata grubnya bermasalah. Hanya tampilan prompt grub yang tampil di layar.

Dari pada menggunakan live cd yang harus bikin dulu, dan kebetulan flashdisk saya juga ternyata kemarin linuxnya habis di timpa untuk keperluan lain, akhirnya saya pilih menggunakan cara manual yang lebih sederhana persiapannya.

Syarat menggunakan cara ini adalah anda harus mengetahui dimana posisi partisi linux anda. Dalam contoh dibawah ini saya akan mengasumsikan bahwa linux saya berada di /dev/sda3 dan posisi /boot ada di root /dev/sda3.

insmod ext2

set root='(hd0,3)’

linux /vmlinuz root=/dev/sda3

initrd /initrd

boot

FYI, grub mensupport juga autocomplete, jadi anda bisa tekan tab untuk melengkapi ketikan, misalnya ketika mengetikan linux /vm lalu tekan tab, maka daftar file yang diawali huruf vm akan muncul.

parameter tambahan untuk bagian “linux /vmlinuz root=/dev/sda3”, bisa menambahkan dengan ro yang artinya partisi akan di mount dalam kondisi read-only. Penulisan lengkapnya menjadi “linux /vmlinuz root=/dev/sda3 ro”.

Setelah mengetikan boot dan menekan tombol enter, system akan memulai proses booting. Setelah itu saya berhadapan dengan prompt. Kemudian login dan mengetikan “update-grub2“.

Reboot dan system kembali normal.

Selamat berjuang!!!